fbpx

Buat Produkmu Semakin Unik dengan Variable Data Printing

Membuat produkmu terlihat lebih unik dibandingkan kompetitor bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, terutama di zaman serba digital seperti saat ini. Semua brand berlomba-lomba membuat produk mereka menarik dan unik untuk menarik hati para calon pembeli. Brand Coca-cola menjadi salah satu inspirasi dengan mengadakan promosi unik dengan cara memberikan nama-nama pada setiap label produknya. 

Sumber: Istimewa

Bagaimana cara Coca-cola bisa mencetak nama yang berbeda pada setiap kemasan dan dalam kuantitas yang banyak? Apakah hal ini hanya bisa dilakukan oleh brand besar? Cara yang digunakan brand Coca-cola untuk memberi nama-nama unik pada setiap produknya adalah dengan Variable Data Printing. Tentunya, variable data printing tidak hanya dapat menghasilkan nama-nama yang berbeda untuk setiap labelnya. Aspek desain seperti pola-pola yang ada di latar, warna label, teks, hingga QR dan barcode juga bisa dicapai melalui Variable Data Printing. Tenang saja, tidak perlu menjadi brand sebesar Coca-cola untuk menggunakan teknologi ini!

Berikut adalah sampel label di KitaLabel yang dicetak melalui Variable Data Printing, dengan Quotes Text yang berbeda-beda.

Bagaimana cara kerjanya?

Variable Data Printing memungkinkan perubahan elemen-elemen tertentu pada label produk secara cepat saat proses mencetak. Kok bisa? Jika kamu tidak asing dalam menggunakan Microsoft Word, anggap saja seperti Mail Merge, yang menggabungkan data dari spreadsheet ke dalam dokumen teks. Teknologi inilah yang berperan besar dalam memberi fleksibilitas di setiap desain label.

Pertama, kamu dapat memilih tempat untuk meletakkan informasi yang ingin divariasikan pada setiap labelmu. Tempat ini disebut bidang variabel. Kedua, kami akan memasukkan informasi yang diberikan ke dalam spreadsheet untuk mencetak data di bidang variabel. Teks di bidang ini akan memiliki font, warna, dan ukuran yang sama, tetapi bisa berbeda dari teks di label yang lainnya.

Pada produk sample Joohee, salah satu sample produk KitaLabel. Joohee memiliki QR code dan Quotes yang berbeda di setiap labelnya. Hal ini bisa dicapai menggunakan Variable Data Printing. Teknologi ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memberikan keunikan pada setiap produkmu sehingga dapat menarik hati lebih banyak pelanggan.

Penggunaan terbaik untuk Percetakan Variable Data

Meskipun Variable Data Printing sebagian besar digunakan untuk mengubah nomor seri, teks atau barcode, bukan tidak mungkin jika cara ini digunakan secara kreatif untuk promosi.  Salah satu contoh penggunaan Variable Data Printing terbaik adalah Coca-cola, seperti yang mereka lakukan dalam campaign ‘Share A Coke with…’ beberapa tahun lalu. Coca-cola menggunakan beragam nama di setiap labelnya yang membuat konsumen dengan nama sama tertarik dan membeli produk tersebut.

Pilihan lain untuk pencetakan variabel meliputi:

  • Label yang dapat mencantumkan informasi negara asal, kadaluarsa/penggunaan menurut tanggal, nomor suku cadang.
  • Data untuk batch atau hasil lab yang berbeda.
  • Bahasa yang berbeda (Produk dan label yang sama, namun menggunakan bahasa yang berbeda seperti Mandarin, Indonesia, atau Inggris).
  • Pemasaran langsung atau kampanye media sosial seperti Coca-cola.
  • Bercerita; tempatkan bagian-bagian cerita pada label yang berbeda sehingga pelangganmu dapat menemukan dan menyusun keseluruhannya, seperti mencari Easter egg.
  • Kutipan, lirik lagu, atau pesan musiman.

Percayakan KitaLabel untuk Variable Data labelmu!

Punya ide keren desain kemasan untuk produkmu? KitaLabel mampu mewujudkan idemu dengan metode variable data printing! Kamu hanya perlu menggunakan bahan dan ukuran yang sama, dan kami dapat membuat desain, text, barcode atau QR code yang berbeda untuk setiap labelmu. Dapatkan laminasi gloss atau matte secara gratis agar labelmu semakin tahan lama.

Tunggu apa lagi? Yuk buat label impianmu jadi kenyataan di KitaLabel!

Share the Post:

Related Posts

WA Chat
1
Halo! klik sini untuk bantuan
Hello 👋
Apa yang bisa kami Bantu?
Klik Button "WA Chat" 👇